RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan
Pendidikan : SLTP dan MTs
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester
: IX/1
Materi Pokok
: LISTRIK DINAMIS
Submateri
Pokok : Menggunakan Hukum I Kirchoff Untuk
Menghitung Tengangan dan Arus Dalam Rangkaian.
Alokasi Waktu
: 1 X
45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami
konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
II. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu
rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
III. INDIKATOR
Menggunakan Hukum I Kirchoff Untuk
Menghitung Tengangan dan Arus Dalam Rangkaian
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan
dapat:
1.
Mengetahui bagian-bagian termometers
2.
Menerapkan cara pengukuran suhu dengan menggunakan
thermometer
3.
Membaca skala thermometer dengan benar
V. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : Cooperative
Learning (CL)
Metode Pembelajaran : Ceramah,Tanya
jawab dan Diskusi
VI.
MATERI
PEMBELAJARAN
Thermometer
merupakan alat untuk mengukur suhu dengan tepat dan menyatakannya dengan suatu
angka. Agar bisa digunakan untuk mengukur suhu, thermometer harus mengandung
zat yang sifat fisiknya berubah terhadap suhu.contoh sifat –sifat tersebut
ialah:
·
Perubahan volume, benda yang dipanaskan
akan berubah volumenya.
·
Perubahan wujud, bendan yang dipanaskan
atau didinginkan akan berubah wujudnya. Misalnya, jika air dipanaskan hingga
mencapai titik didihnya akan berubah menjadi uap.
·
Perubahan warna, benda yang dipanaskan
akan berubah warna. Misalnya tembaga yang panaskan.
Sifat-sifat yang mutlak harus dimiliki oleh
sebuah thermometer adalah:
1.
Skalanya mudah dibaca
2.
Aman untuk digunakan
3.
Kepekaan pengukurannya
4.
Lebar jangkauan suhu yang dapat diukur.
Ada
beberapa jenis thermometer diantaraanya; thermometer air raksa, thermometer
alcohol, thermometer gas, thermometer platina dan lain-lain.
VII.
ALAT
DAN BAHAN
1.
Termometer
2.
Air
3.
Gelas plastik
VIII.
KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR
A.
Kegiatan Pendahuluan (± 10 menit)
1.
Mengucapkan salam pembuka (fase I)
2.
Melakukan absensi (fase I)
3.
Memberikan motivasi kepada siswa:
Guru
bertanya kepada siswa, “Apakah kalian pernah melihat dokter atau suster sedang memeriksa
pasiennya yang lagi demam?” siswa menjawab pertanyaan tersebut, kemudian guru
bertanya lagi: “ok kalau begitu, terus apa yang dipakai dokter atau suster
tersebut untuk memeriksa suhu tubuh pasiennya?” para siswa menjawab. Setelah
itu guru bertanya lagi “Apakah kalian tahu bagaimana cara menggunakan
thermometer dengan benar? Nah hari ini kita akan belajar bagaimana cara menggunakan
thermometer unntuk mengukur suhu suatu zat.”
(fase
I)
4.
Menuliskan materi yang akan dipelajari
pada papan.(fase I)
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran (fase
I)
B.
Kegiatan Inti (± 25 menit)
1.
Menyajikan informasi tahap demi tahap
tentang thermometer serta menjelaskan fungsi dari termometer. (fase II)
2.
Mendemonstrasikan keterampilan cara
menggunakan thermometer untuk mengukur suhu benda cair.(fase II)
3.
Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
heterogen.(fase III)
4.
Meminta siswa mengerjakan LKS yang telah
disiapkan secara berkelompok. (fase III)
5.
Menjawab bersama setelah siswa mengerkan
LKS tersebut.(fase IV)
6.
Memberikan umpan balik terhadap kelompok
yang mengerjakan LKS dengan benar dengan memberikan pujian. (fase IV)
C.
Penutup (± 10 menit)
1.
Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran
mengenai cara menggunakan thermometer untuk mengukur suhu.(fase V)
2.
Memberikan evaluasi kepada siswa (fase
V)
3.
Menutup pebelajaran. (fase V)
IX.
SUMBER
BELAJAR
·
Buku Pelajaran yang relevan.
·
Buku SMP Kelas VII Semester I
·
LKS
X.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Teknik
penilaian; Tes tertulis
Mengetahui
Kepala Sekolah
………………………..
|
Palangkaraya, September 2011
Guru Mata Pelajaran
WAYAN SUSANA
NIM. ACB 109 050
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar