Sabtu, 12 Mei 2012

RPP gerak melingkar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

TENTANG
GERAK MELINGKAR

Unpar

DISUSUN OLEH :
WAYAN SUSANA
ACB 109 050

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FKIP. UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    :           SMA
Mata Pelajaran          :           Ilmu Pengetahuan Alam (FISIKA)
Kelas    / Semester     :           X/1
Materi  Pokok            :           Dinamika Gerak
Submateri Pokok      :           Gerak Melingkar
Alokasi  Waktu          :           2 x 45 menit
Pertemuan                 :           Pertama

             I.            STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika
          II.            KOMPETENSI DASAR
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.

       III.            INDIKATOR
1.      Megidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
2.      Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kualitatif.





       IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN

A.    Tujuan Kognitif
Siswa dapat:
1.      Menjelaskan pengertian gerak melingkar.
2.      Menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menjelaskan pengertian frekuensi, periode dan kecepatan anguler dalam gerak melingkar.

B.     Tujuan Psikomotorik
Siswa dapat:
1.      Mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan gerak melingkar
2.      Mendemonstrasikan percobaan untuk menyelidiki adanya keecepatan linear pada gerak melingkar.
3.      Menyelidiki hubungan antara kecepatan linier dan kecepatan anguler.

C.    Tujuan Afektif
Siswa dapat:
1.      Mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan gerak melingkar
D.Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.
E. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

          V.            MATERI PEMBELAJARAN
Pada gerak melingkar beraturan, benda bergerak dengan kelajuan konstan, tetapi kecepatan benda berubah arah secara kontinyu sepanjang waktu.
 Ada beberapa besaran pada GMB yaitu :
-       Periode (T)
Didefenisikan sebagai waktu yang dibutuhkan oleh benda untuk menempuh lintasan satu lingkaran penuh.
-       Frekuensi (f)
Didefenisikan sebagai banyaknya  lintasan lingkaran penuh yang ditempuh benda dfalam waktu  satu sekon.
Hubungan periode dan frekuensi dinyatakan dalam persamaan berikut
-       Kelajuan linear (v)
Didefenisikan sebagai jarak yang ditempuh dibagi waktu tempuhnya
-       Kecepatan sudut( ɷ)
Didefenisikan besarnya sudut θ yang ditempuh dalam selang waktu t.
Hubunggan antara kecepatan sudut dan kecepatan linear  serta frekuensi ditunjukan oleh persamaan:





       VI.            MODEL DAN METODE PENGAJARAN
Model          : Pembelajaran Kooperatif ( CL )
Metode         : Ceramah, Percobaan dan Diskusi Kelompok
  
     VII.          PENILAIAN HASIL BELAJAR
     a. Teknik Penilaian:
-        Tes tertulis
-        Penugasan

     b. Bentuk Instrumen:
-       Tes uraian
-       Tugas rumah

c. Contoh Instrumen:
Terlampir pada RPP






 VIII.            SUMBER PEMBELAJARAN
1.   Buku Terpadu Fisika SMA Jilid I (Erlangga)
2.   Buku referensi yang relevan
3.   Alat dan bahan percobaan / LKPD
       IX.            KEGIATAN  BELAJAR  MENGAJAR

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Guru mengucapkan salam pembuka
l  Guru memberi motivasi kepada siswa
Guru meminta siswa menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari
l  Menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti
l  Guru menyampaikan materi tentang pengertian gerak melingkar
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
l  Guru meminta siswa (dalam kelompok) mengerjakan LKPD “Kecepatan Linear Pada Gerak Melingkar”
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyampaikan hasil percobaan dari LKPD
l  Guru menanggapi hasil percobaan kelompok yang telah dipresentasikan
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak melingkar
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai ciri-ciri gerak melingkar
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan perumusan dalam menentukan kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai kecepatan sudut dan hubungan antara laju benda dengan kecepatan sudut.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Guru mengevaluasi siswa dengan memberikan tes yang berupa soal uraian.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



Palangka Raya, April 2012
Mengetahui,                                       
               Kepala SMA                                                   Guru Mata Pelajaran Fisika
              
......................................                                  WAYAN SUSANA
               NIP.                                                                NIM. ACB 109 050


Tidak ada komentar:

Posting Komentar