Sabtu, 12 Mei 2012

RPP gerak melingkar pertemuan 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

GERAK MELINGKAR






DISUSUN OLEH :

`                                               NAMA            :  WAYAN SUSANA
NIM                :  ACB 109 050
PRODI            :  PENDIDIKAN FISIKA


KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENIDIKAN
PALANGKA RAYA
2012











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    :           SMA
Mata Pelajaran          :           Ilmu Pengetahuan Alam (FISIKA)
Kelas    / Semester     :           X/1
Materi  Pokok            :           Dinamika Gerak
Submateri Pokok      :           Gerak Melingkar
Alokasi  Waktu          :           2 x 45 menit
Pertemuan                 :           Kedua


I.         STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika

II.      KOMPETENSI DASAR
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.

III.   INDIKATOR
Indikator yang ingin dicapai pada pembelajaran ini antara lain:
1.      Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kualitatif.
2.      Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal dan gaya sentripetal


IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Tujuan pembelajaran pada materi ini dapat ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek kognitif, aspek psikomotor, maupun aspek afektif seperti di bawah ini:
A.    KOGNITIF:
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1.1.Menjelaskan prinsip gerak melingkar pada roda-roda yang sepusat
1.2.Menjelaskan prinsip gerak melingkar pada roda-roda yang bersinggunggan
1.3.Menjelaskan prinsip gerak melingkar pada roda-roda yang dihubugkan dengan sabuk atau rantai
1.4.Menjelaskan konsep percepatan sudut pada gerak melingkar.
1.5.Menghitung menghitung percepatan sudut dalam gerak melingkar.
2.1.Menjelaskan konsep percepatan sentripetal
2.2.Menghitung percepatan sentripetal .
2.3.Menjelaskan hubungan antara percepatan sudut dan percepatan sentripetal
2.4.Menjelaskan konsep gaya sentripetal
2.5.Menghitung gaya sentripetal

B.     PSIKOMOTOR:
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1)    Mengamati adanya percepatan sentripetal dan gaya sentripetal pada gerak melingkar
2)    Mendemonstrasikan percobaan untuk menyelidiki adanya percepatan sentripetal dan gaya sentripetal pada gerak melingkar


C.     AFEKTIF:
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1)      Bekerjasama sesama anggota kelompok saat praktikum berlangsung.
2)      Menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3)      Mengajukan pertanyaan.
4)      Menjadi pendengar yang baik saat diskusi sedang berlangsung.
5)      Bersikap jujur
6)      Menunjukkan rasa hormat.
7)      Belajar dengan tekun.
8)      Memiliki tanggung jawab.
9)      Memiliki ketelitian dalam menjawab soal maupun saat praktikum.
10)  Menunjukan kedisiplinan


V.      MATERI PEMBELAJARAN

GERAK MELINGKAR.

Jika sebuah benda bergerak dengan kelajuan konstan pada suatu lingkaran (disekeliling lingkaran ), maka dikatakan bahwa benda tersebut melakukan gerak melingkar beraturan.
Kecepatan pada gerak melingkar beraturan besarnya selalu tetap namun arahnya selalu berubah, arah kecepatan selalu menyinggung lingkaran, maka v selalu tegak lurus garis yang ditarik melalui pusat lingkaran ke sekeliling lingkaran tersebut.



*   Pengertian radian.
1 (satu) radian adalah besarnya sudut tengah lingkaran yang panjang busurnya sama dengan jari-jarinya.
Besarnya sudut :

q  =    radian
S = panjang busur
R = jari-jari
Jika panjang busur sama dengan jari-jari, maka q = 1 radian.
Satu radian dipergunakan untuk menyatakan posisi suatu titik yang bergerak melingkar         ( beraturan maupun tak beraturan ) atau dalam gerak rotasi.
Keliling lingkaran = 2p x radius, gerakan melingkar dalam 1 putaran = 2p radian.
1 putaran = 3600 = 2p rad.
1 rad =  = 57,30
*   Frekwensi dan perioda dalam gerak melingkar beraturan.
Waktu yang diperlukan P untuk satu kali berputar mengelilingi lingkaran di sebut waktu edar atau perioda dan diberi notasi T. Banyaknya putaran per detik disebut Frekwensi dan diberi notasi f. Satuan frekwensi ialah Herz atau cps ( cycle per second ).
Jadi antara f dan T kita dapatkan hubungan :   f . T = 1 f =
*   Kecepatan linier dan kecepatan sudut.
Jika dalam waktu T detik ditempuh jalan sepanjang keliling lingkaran ialah 2pR, maka kelajuan partikel P untuk mengelilingi lingkaran dapat dirumuskan : v =
Kecepatan ini disebut kecepatan linier dan diberi notasi v.

Kecepatan anguler (sudut) diberi notasi w adalah perubahan dari perpindahan sudut persatuan waktu (setiap saat). Biasanya dinyatakan dalam radian/detik, derajat perdetik, putaran perdetik (rps) atau putaran permenit (rpm).
Bila benda melingkar beraturan dengan sudut rata-rata (w)dalam radian perdetik :
w =
w =
jika 1 putaran maka : w =  rad/detik     atau     w = 2 p f
Dengan demikian besarnya sudut yang ditempuh dalam t detik :
q = w t     atau     q = 2 p f t
Dengan demikian antara v dan w kita dapatkan hubungan :
v = w R

* SISTEM GERAK MELINGKAR PADA BEBERAPA SUSUNAN RODA.
-        Sistem langsung.
Pemindahan gerak pada sistem langsung yaitu melalui persinggungan roda yang satu dengan roda yang lain.

Pada sistem ini kelajuan liniernya sama, sedangkan kelajuan anguler tidak sama.
v1 = v2, tetapi w1 w2



-        Sistem tak langsung.
Pemindahan gerak pada sistem tak langsung yaitu pemindahan gerak dengan menggunakan ban penghubung atau rantai.
Pada sistem ini kelajuan liniernya sama, sedangkan kelajuaan angulernya tidak sama.
v1 = v2, tetapi w1 w2

-        Sistem roda pada satu sumbu ( CO-Axle )
Jika roda-roda tersebut disusun dalam satu poros putar, maka pada sistem tersebut titik-titik yang terletak pada satu jari mempunyai kecepatan anguler yang sama, tetapi kecepatan liniernya tidak sama.
wA = wR = wC ,   tetapi   v A  v B  v C

Percepatan centripetal.
Jika suatu benda melakukan gerak dengan kelajuan tetap mengelilingi suatu lingkaran, maka arah dari gerak benda tersebut mempunyai perubahn yang tetap. Dalam hal ini maka benda harus mempunyai percepatan yang merubah arah dari kecepatan tersebut.
Arah dari percepatan ini akan selalu tegak lurus dengan arah kecepatan, yakni arah percepatan selalu menuju kearah pusat lingkaran. Percepatan yang mempunyai sifat-sifat tersebut di atas dinamakn PERCEPATAN CENTRIPETALNYA.
Harga percepatan centripetal (ar) adalah :
ar =
ar =      atau     ar = w2 R
Gaya yang menyebabkan benda bergerak melingkar beraturan disebut GAYA CENTRIPETAL yang arahnya selalu ke pusat lingkaran. Sedangkan gaya reaksi dari gaya centripetal (gaya radial) ini disebut GAYA CENTRIFUGAL yang arahnya menjauhi pusat lingkaran. Adapun besarnya gaya-gaya ini adalah :
F = m . a
Fr = m . ar
Fr = m .      atau     Fr = m w2 R

Fr = gaya centripetal/centrifugal
m = massa benda
v = kecepatan linier
R = jari-jari lingkaran.


BEBERAPA CONTOH BENDA BERGERAK MELINGKAR
1. Gerak benda di luar dinding melingkar.
N = m . g - m .
N = m . g cos q - m .

2. Gerak benda di dalam dinding melingkar.
 N = m . g + m .
 N = m . g cos q + m .

N = m .  -  m . g cos q
 N = m .  - m . g

3. Benda dihubungkan dengan tali diputar vertikal.
T = m . g + m
 T = m m . g cos q + m  

T = m .  -  m . g cos q
 T = m .  - m . g

4. Benda dihubungkan dengan tali diputar mendatar (ayunan centrifugal/konis)
T cos q =  m . g
T sin q = m .
Periodenya T = 2p
Keterangan : R adalah jari-jari lingkaran




5. Gerak benda pada sebuah tikungan berbentuk lingkaran mendatar.
N . mk = m .
N = gaya normal
N = m . g

VI.   METODE PEMBELAJARAN
·      Model              : Pengajaran Langsung/Direct Instruction (DI)
·      Metode            : Ceramah, tanya jawab dan  penugasan.

VII.     ALAT DAN BAHAN
a.      Alat:
Ø  Tali
Ø  Ember kecil
Ø  Air
b.      Bahan:
Ø  Lembar Kerja Siswa (LKS)
Ø  Lembar Praktikum Siswa

VIII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.    PENDAHULUAN ( ± 5 menit )
·         Mengucapkan salam pembuka.
·         Memeriksa kehadiran siswa.
·         Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi, yaitu:
Pernahkah kalian menonton aksi akrobat seseorang yang mengendarai sepeda motor  dalam lintsan melingkar seperti “tong edan”? Mengapa orang tersebut tidak jatuh (Fase I)
·         Menuliskan judul pelajaran “Pecepatan dan Gaya Sentripetal” di papan tulis. (Fase I)
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran. (Fase I)
B.     KEGIATAN INTI ( ± 75 menit )
·         Memberikan contoh benda yang mengalami gaya sentripetal dalam kehidupan sehari-hari. (Fase II)
·         Menyajikan materi tahap demi tahap tentang materi yang disampaikan  . (Fase II)
·         Memberi contoh soal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan .
·         Meminta siswa menyelesaikan contoh soal. (Fase III)
·         Meminta teman lain untuk menanggapi jawaban temannya yang sudah ditulis di papan tulis. (Fase III)
·         Memberi umpan balik (pujian) pada jawaban yang sudah benar. (Fase IV)
·         Menjelaskan kembali pada jawaban yang belum dimengerti.
·         Membagikan LKS yang berisi latihan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang gerak melingkar. (Fase V)
·         Memberi kesempatan bagi siswa untuk menyelesaikan LKS yang telah dibagikan.
·         Mengumpulkan LKS yang sudah dikerjakan oleh siswa.

C.    KEGIATAN PENUTUP (± 10 menit )
·         Membimbing siswa merangkum hasil pembelajaran yang telah disampaikan.
·         Mengucapkan salam penutup.

IX.        SUMBER PEMBELAJARAN
a.       Kamajaya.2006.Fisika Untuk SMA Kelas I (Kelas X) Semester I.Bandung: Grafindo
b.      Foster, Bob. 2004. Terpadu Fisika SMA Jilid I A Unntuk SMA Kelas X Semester I. Jakarta: Erlangga.
c.       Buku Fisika yang relevan

X.           PENILAIAN HASIL BELAJAR
A.    Penilaian hasil belajar
§  Tes tertulis
B.     Bentuk instrument
§  Uraian
C.    Instrument
Contoh Soal
1)      Jelaskan pengertian percepatan sentripetal!
Jawab:
Percepatan sentripetal merupakan percepatan yang ada dalam gerak melingkar yang arahnya menuju pusat lingkaran
2)      Bola plastik diikat dengan seutas tali yang panjangnya 50 cm, kemudian diputar membentuk sebuah lingkaran. Jika kecepatan putarannya 4 m/s, tentukanlah percepatan sentripeta yang diaalami bola plastik tersebut
Jawab:
Diketahui: R = 0,5 m; v = 4 m/s
 =  =  = 32  

EVALUASI KOGNITIF:


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Kelompok     :
Anggota        : 1.
                         2.
                         3.
                         4.
                         5.

                                                                                                     
INDIKATOR
Indikator yang ingin dicapai pada pembelajaran ini antara lain:
1.      Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kualitatif.
2.      Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal dan gaya sentripetal

TUJUAN KOGNITIF
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
1.1.Menjelaskan prinsip gerak melingkar pada roda-roda yang sepusat
1.2.Menjelaskan prinsip gerak melingkar pada roda-roda yang bersinggunggan
1.3.Menjelaskan prinsip gerak melingkar pada roda-roda yang dihubugkan dengan sabuk atau rantai
1.4.Menjelaskan konsep percepatan sudut pada gerak melingkar.
1.5.Menghitung menghitung percepatan sudut dalam gerak melingkar.
2.1.Menjelaskan konsep percepatan sentripetal
2.2.Menghitung percepatan sentripetal .
2.3.Menjelaskan hubungan antara percepatan sudut dan percepatan sentripetal
2.4.Menjelaskan konsep gaya sentripetal
2.5.Menghitung gaya sentripetal







Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar.
1.      Jelaskan prinsip gerak melingkar pada roda-roda yang sepusat, bersinggungan dan yang dihubungkan dengan sabuk atau rantai!
2.      Jelaskan konsep mengenai percepatan dan percepatan sentripetal
3.      Jelaskan konsep mengenai gaya sentripetal!
4.      Perhatikanlah gambar dibawah ini. Perbandingan jari-jari roda A : B adalah 1 : 2. Roda A diputar dengan kecepatan anguler 10 rad/s. Jika jari-jari A adalah 2 cm, tentukanlah
a.        Kecepatan linear A
b.      Kecepatan anguler B
5.      Sebuah piringan dengan jari-jari 10 cm diputar dengan kecepatan anguler 5 cps. Tentukanlah percepatan sentripetal yang dialami oleh titik-titik yang berada dipinggir piringan tersebut.
6.      Sebuah benda dengan massa 8 Kg bergerak melingkar beraturan dengan kecepatan 5 m/s. Bila jari-jari lingkaran adalah 4 meter, maka tentukanlah gaya sentripetalnya


















EVALUASI PSIKOMOTOR:
I.          Tujuan
Siswa mampu:
1.     Mengamati adanya percepatan sentripetal dan gaya sentripetal pada gerak melingkar
2.     Mendemonstrasikan percobaan untuk menyelidiki adanya percepatan sentripetal dan gaya sentripetal pada gerak melingkar
D.       Alat dan Bahan
·         Ember kecil.
·         Tali secukupnya
·         Air secukupnya

E.        Prosedur Kerja
·         Ikatkan tali pada ember.
·         Isilah ember dengan air secukupnya
·         Putarlah ember melalui tali yang diikatkan padanya secara vertikal.
·         Jawablah pertanyaan yang tersedia di bawah ini .



F.        Soal
1.      Apa yang menyebabkan air tidak terjatuh dari ember?
2.      Sebutkan gaya apa saja yang bekerja pada air tersebut!
I.           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar