Sabtu, 12 Mei 2012

RPP hukum kepler


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan     :    SMA dan MA
Mata Pelajaran            :    IPA Fisika
Kelas/Semester           :    XI/I
Materi Pokok              :    Gerak Planet
Sub Materi Pokok       :    Hukum Kepler
Alokasi Waktu            :    2 x 45 menit

STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
KOMPETENSI DASAR                  
Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
v  Indikator
  1. Kognitif
Siswa dapat menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Kepler.
  1. Afektif
Siswa dapat
  • Membentuk karakter jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, serta tanggung jawab
  • Menyenangi sikap kritis terhadap peristiwa yang terjadi di alam semesta

v  Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
Siswa dapat menjelaskan perilaku planet-planet ketika mengorbit pusat tata surya dalam hukum Kepler.
B.     Afektif
Siswa dapat
  • Membentuk karakter jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, serta tanggung jawab
  • Menyenangi sikap kritis terhadap peristiwa yang terjadi di alam semesta

v  Karakter yang Diharapkan:
1.      Jujur  
2.      Toleransi  
3.      Kerja keras
4.      Mandiri
5.      Rasa ingin tahu
6.      Komunikatif  
7.      Tanggung jawab

v  Model Pembelajaran: Pembelajaran Kooperatif
v  Metode: Kepala Bernomor dan Berpikir-Berpasangan-Berempat
v  Materi Pelajaran:
      Hukum I Keppler :
Semua planet-planet berputar mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips dengan matahari sebagai titik apinya (titik fokus).
      Hukum II Keppler :
Garis hubung matahari dan planet dalam waktu yang sama, menyapu luasan yang sama. Pada saat dekat dengan matahari; planet bergerak lebih cepat daripada jika benda jauh dari matahari.
      Hukum III Keppler :
Pangkat tiga jarak antara planet dan matahari sebanding dengan pangkat dua periode planet.
r3≈T2

Pembuktian hukum kepler dengan hokum newton


Contoh soal:
Jika diketahui jarak rata-rata antara planet merkurius – matahari adalah 0,4 kali jarak rata-rata bumi – matahari. Periode bumi mengitari matahari adalah 1 tahun, berapa tahun periode merkurius mengitari matahari?
Penyelesaian:
Diketahui:
                        rmerk = 0,4 rbumi
                        Tbumi = 1 tahun
Ditanyakan:
                        Tmerk = … ?
Jawab: Menggunakan Persamaan 



Matahari
Merkurius
Bumi
0,4 R
R
 
















Langkah-langkah Pembelajaran:

Kegiatan
Metode
Waktu
PENDAHULUAN
1.      Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan.
2.      Guru memberikan pertanyaan awal/pembuka pembelajaran kepada siswa tentang materi yang akan mereka pelajari.
Siswa memperhatikan demonstrasi menjatuhkan bola ke bumi dan bertanya Mengapa bola yang tertarik ke bumi dan bukan sebaliknya?bagaimana besar gaya gravitasi antara bola dan bumi? Mengulas persamaan gaya gravitasi dan konsep medan gravitasi. Hal tersebut karena medan gravitasi bumi lebih besar daripada medan gravitasi bola.
3.      Siswa menyaksikan flash tentang solar system, untuk menimbulkan rasa ingin tahu siswa.
4.      Guru memberikan apresepsi orbit planet di tata surya dan memberikan pertanyaan mengapa planet-planet mengelilingi matahari?
Untuk menjaga keseimbangan, agar planet-planet tidak tertarik ke matahari. Begitu pula matahari yang berputar mengelilingi galaksi.
5.      Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang hukum kepler.
6.      Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hukum kepler.
7.      Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang materi yang akan dipelajari dengan menggunakan peta konsep.




15 menit
KEGIATAN INTI
  Eksplorasi:
1.      Guru membimbing siswa agar dapat  bekerja sama dalam pembentukan kelompok dan mengatur tempat duduk.
2.      Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Kepler untuk gerak planet.
3.      Siswa memperhatikan penjelasan tentang hukum I, hukum II, dan hukum III Kepler yang disampaikan oleh guru.

  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.      Guru memberikan kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang hukum I, hukum II, dan hukum III Kepler secara komunikatif dengan percaya diri dan logis dan kelompok lain menyampaikan pendapatnya secara kritis untuk menghargai keberagaman pendapat.
2.      Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pembuktian hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton.
3.      Siswa memperhatikan pembuktikan hukum gravitasi umum Newton yang dapat digunakan untuk menurunkan hukum II dan hukum III Kepler yang disampaikan oleh guru.
3.      Siswa memperhatikan contoh soal penerapan hukum Kepler yang disampaikan oleh guru.
4.      Guru memberikan beberapa soal penerapan hukum Kepler untuk dikerjakan oleh siswa.
5.      Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
1.    Siswa memberikan tanggapan dan simpulan berdasarkan hasil diskusi kerja kelompok secara komunikatif.
2.    Guru memberikan penguatan alasan planet-planet mengorbit secara bertanggungjawab.
3.    Guru secara kreatif memberikan catatan-catatan penting mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa.

70 menit
PENUTUP
1.      Memberikan hadiah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2.      Guru membimbing siswa secara mandiri untuk membuat rangkuman  dari materi yang telah dibahas
3.      Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan secara bertanggungjawab.
4.      Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis.
5.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
6.      Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca dengan membuat laporan hasil praktikum secara individu, dan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya


5 menit



v  Sumber Belajar:        Buku Fisika SMA kelas XI semester 1
Lembar Kerja Siswa
v  Penilaian
A.    Kognitif
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Siswa dapat menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Kepler.











Siswa dapat menghitung jarak planet ke matahari dengan menggunakan hukum III Keppler.
Tes tertulis
Uraian
1.      Dua buah planet P dan Q mengorbit matahari. Perbandingan antara periode revolusi planet P dan planet Q ke matahari 8:1. Apabila jarak planet Q ke matahari adalah 1,6 satuan astronomi, tentukan jarak planet P ke matahari.
2.      Dua buah planet P dan Q mengorbit matahari. Perbandingan antara jarak planet P dan Q ke matahari adalah 4:9. Apabila periode planet P mengelilingi matahari adalah 24 hari, tentukan periode planet Q.  
3.      Jika perbandingan jarak planet Z ke matahari dengan jarak bumi ke matahari adalah 4:1 dan periode revolusi bumi adalah TB, periode planet Z mengitari matahari adalah ….
4.      Jika planet Y memiliki perioda revolusinya T, dengan T adalah perioda revolusi bumi terhadap matahari dan R adalah jarak bumi-matahari, maka jarak planet Y ke matahari adalah …

B.     Afektif
No.
Nama siswa
Aspek karakter

Kerja keras
Mandiri
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Tanggung jawab


















Mengetahui
Dosen Pengajar


Dr. Andi Bustan, M.Si
NIP 19621110 198810 1 001

Pengajar



Wayan Susana
ACB 109 050






PETA KONSEP

Planet-panet bergerak mengelilingi matahari
Ada gaya tarik-menarik antara planet.
Ada medan gravitasi.
Waktu mengorbit
Hukum Kepler
Mengapa planet mengelilingi matahari?
Bagaimana bentuk lintasannya?
Bentuk lintasan orbit
Hukum Kepler 1
Hukum Kepler 2
Hukum Kepler 3
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar