Senin, 27 Februari 2012

RPP suhu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan    :     SLTP dan MTs
Mata  Pelajaran        :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester        :     VII/1
Materi  Pokok           :     SUHU
Submateri Pokok       :     Menggunakan Termometer Untuk Mengukur Suhu Zat
Alokasi  Waktu          :   1 X 45 menit


I.                   STANDAR KOMPETENSI
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
II.                KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
III.             INDIKATOR
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat cair
IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa diharapkan dapat:
1.      Mengetahui bagian-bagian termometers
2.      Menerapkan cara pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer
3.      Membaca skala thermometer dengan benar
                            
V.                MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran               :    Direct Instruction (DI)
Metode Pembelajaran             :    Ceramah, Demonstrasi

VI.          MATERI PEMBELAJARAN
Thermometer merupakan alat untuk mengukur suhu dengan tepat dan menyatakannya dengan suatu angka. Agar bisa digunakan untuk mengukur suhu, thermometer harus mengandung zat yang sifat fisiknya berubah terhadap suhu.contoh sifat –sifat tersebut ialah:
·         Perubahan volume, benda yang dipanaskan akan berubah volumenya.
·         Perubahan wujud, bendan yang dipanaskan atau didinginkan akan berubah wujudnya. Misalnya, jika air dipanaskan hingga mencapai titik didihnya akan berubah menjadi uap.
·         Perubahan warna, benda yang dipanaskan akan berubah warna. Misalnya tembaga yang panaskan.
 Sifat-sifat yang mutlak harus dimiliki oleh sebuah thermometer adalah:
1.      Skalanya mudah dibaca
2.      Aman untuk digunakan
3.      Kepekaan pengukurannya
4.      Lebar jangkauan suhu yang dapat diukur.
Ada beberapa jenis thermometer diantaraanya; thermometer air raksa, thermometer alcohol, thermometer gas, thermometer platina dan lain-lain.

VII. ALAT DAN BAHAN
1.      Termometer
2.      Air
3.      Gelas plastik
                                      
VIII. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A.    Kegiatan Pendahuluan (± 10 menit)
1.      Mengucapkan salam pembuka (fase I)
2.      Melakukan absensi (fase I)
3.      Memberikan motivasi kepada siswa:
Guru bertanya kepada siswa, “Apakah kalian pernah  melihat dokter atau suster sedang memeriksa pasiennya yang lagi demam?” siswa menjawab pertanyaan tersebut, kemudian guru bertanya lagi: “ok kalau begitu, terus apa yang dipakai dokter atau suster tersebut untuk memeriksa suhu tubuh pasiennya?” para siswa menjawab. Setelah itu guru bertanya lagi “Apakah kalian tahu bagaimana cara menggunakan thermometer dengan benar? Nah hari ini kita akan belajar bagaimana cara menggunakan thermometer unntuk mengukur suhu suatu zat.”
(fase I)
4.      Menuliskan materi yang akan dipelajari pada papan.(fase I)
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran (fase I)

B.     Kegiatan Inti (± 25 menit)
1.   Menyajikan informasi tahap demi tahap tentang thermometer serta menjelaskan fungsi dari termometer. (fase II)
2.   Mendemonstrasikan keterampilan cara menggunakan thermometer untuk mengukur suhu benda cair.(fase II)
3.   Membagi siswa menjadi beberapa kelompok heterogen.(fase III)
4.   Meminta siswa mengerjakan LKS yang telah disiapkan secara berkelompok. (fase III)
5.   Menjawab bersama setelah siswa mengerkan LKS tersebut.(fase IV)
6.   Memberikan umpan balik terhadap kelompok yang mengerjakan LKS dengan benar dengan memberikan pujian. (fase IV)

C.     Penutup (± 10 menit)
1.   Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran mengenai cara menggunakan thermometer untuk mengukur suhu.(fase V)
2.   Memberikan evaluasi kepada siswa (fase V)
3.   Menutup pebelajaran. (fase V)

IX.    SUMBER BELAJAR
·         Buku Pelajaran yang relevan.
·         Buku SMP Kelas VII Semester I
·         LKS
                  
X.       PENILAIAN HASIL BELAJAR
Teknik penilaian; Tes tertulis




         Mengetahui
      Kepala Sekolah



………………………..
Palangkaraya,      September 2011
     Guru Mata Pelajaran



      WAYAN SUSANA
       NIM. ACB 109 050










Tidak ada komentar:

Posting Komentar